Rabu, 20 Juni 2012

Aksi Penanaman 10.000 Mangrove

CIMG0914Selasa 19 Juni 2012 di Desa Sumberrejo Kecamatan Paiton , Yayasan Jagad Lestari bersama teman pecinta lingkungan dari berbagai lembaga dan institusi melakukan penanaman Mangrove dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup.

Target peserta dari panitia pelaksana kegiatan ini sebenarnya 100 orang, tapi ternyata yang datang lebih dari seratus, sehingga atribut yang sudah dipersiapkan ludes, bahkan banyak yang tidak kebagian. begitu juga dengan nasi bungkusnya. (kasihan, he… he…)

Acara ini dapat terselenggara, berkat dukungan dari PT. PJB UP. Paiton serta pihak-pihak yang telah bersedia memenuhi undangan dari Panitia Aksi, yaitu dari MTSN Paiton, MAN Paiton, FATARPA IAI. Nurul Jadid, MTs. Azzainiyah I&II, SMPN 1 Paiton, SMAN 1 Paiton, SMP Bhakti Pertiwi, Mahameru, Koramil Paiton, Camat Paiton, PA Nuri Cita, Disbunhut Kab. Probolinggo, BLH Kab. Probolinggo.

Dari Aksi ini, diharapkan akan mampu menggugah kesadaran generasi muda pada khususnya, serta masyarakat pada umumnya. akan tetapi ada sesuatu yang memilukan ketika saya mendengarkan cerita teman saya, yang tadi sore sempat saya undang untuk ikut dalam aksi, akan tetapi terlambat karena aksi sudah selesai. akhirnya dia pulang, nah… sebelum pulang di situ ada seorang tukang jaring ikan, bertanya kepada teman saya : “Apa yang dilakukan orang-orang disana itu nak?”, teman saya menjawab : “Ooo mereka itu menanam mangrove/tinjang”, lantas ia bertanya lagi : “Buat apa?” teman saya jawab : “Ya, buat supaya dapat menahan pengikisan/Abrasi” sampai akhirnya Bapak yang tukang jaring ini menyeletuk : “Emm.. pasti di cabut itu nanti dengan orang, kalau ditanami Mangrove bagaimana saya bisa memasang jaring..”.

Nah, dari cerita teman saya di atas, ada suatu ironi memang dari apa yang selama ini kita lakukan, karena kita tidak melibatkan mereka (masyakat sekitar lokasi penanaman) secara penuh untuk bergerak dan berbuat seperti apa yang telah kita lakukan.

Dan ini adalah problem yang harus kami carikan pemecahannya, mungkin ini akan menjadi program Kami kedepannya dengan melibatkan secara penuh masyarakat dalam sebuah kegiatan. (Admin JARi/Zaini Alfan)

0 komentar:

Posting Komentar